Kamis, 28 Maret 2019

Resensi Buku : Tegal Bercerita (Kumpulan Cerita Rakyat Tegal)

Tegal Bercerita

Judul Buku : Tegal Bercerita (Kumpulan Cerita Rakyat Tegal).
Penulis : Tim Folklor Tegal
Penerbit : Tim Folklor Tegal

Membaca Folklor atau cerita rakyat sama halnya mempelajari sosiologi masyarakat setempat kita diajak untuk tahu dan mengerti kehidupan masyarakat. Yang pada akhirnya akan dapat membantu pembangunan karakter manusia sehingga bisa bersimbiosis dengan pembangunan kota.
Lebih jauh dengan keberadaan buku ini,Tegal Bercerita hadir di tengah masyarakat pembacanya sebagai partisipasi penyusun dalam mensukseskan budaya literasi yang dicanangkan oleh pemerintah. Kami harapkan dengan hadirnya Tegal Bercerita dapat lebih meningkatkan budaya minat baca masyarakat yang pada gilirannya diharapkan dapat lebih menjadikan melek informasi bagi masyarakat Indonesia
selain itu kedepan upaya penyusunan dan penerbitan cerita rakyat ini tak lepas dari tujuan upaya mengubah tradisi sastra lisan menjadi sastra tulis, khususnya bagi masyarakat kota Tegal. Meskipun cerita rakyat dalam keberadaannya senantiasa terkungkung dalam tradisi sastra lisan bagi masyarakat Tegal.
Meskipun cerita rakyat dalam keberadaanya senantiasa terkungkung dalam tradisi sastar lisan bagi masyarakatnya tak akan pernah lunah atau hilang, tetapi dengan termanifestasikan dalam sastra tulis,menjadikan keberadaan cerita rakyat semakin kokoh , lebih bermakna dan memiliki kemudahan tersendiri bagi masyarakat untuk penelaahannya

Tim Folklor Tegal

Buku Tegal Bercerita ini merupakan buku indie yang ditulis oleh tim folklor Tegal yang terdiri dari para seniman - seniman Tegal. Mereka mengumpulkan berbagai macam sumber untuk dijadikan bahan tulisan tentang kota Tegal. Seinget saya buku ini launching sekitar tahun 2017 di perpustakaan Kota Tegal bersamaan dengan adanya bazar buku dalam rangka hari jadi Kota Tegal.
Tadinya saya bukan salah satu yang akan diberikan buku ini, karena buku ini hanya akan diberikan kepada tamu undangan dan sekolah sekolah. Namun karena saat saya diskusi bertanya dan menanyakan dimana untuk mendapatkan buku ini,jadilah dikasih buku ini.
Buku Tegal Bercerita juga bisa disebut sebagai buku Sejarah Kota Tegal. Karena 15 cerita yang ada di buku ini adalah sejarah dari tiap jalan yang ada di Kota Tegal dan juga cerita tentang pendiri kota Tegal.
Baca Juga :Resensi : Wigati, Lintang Manik Woro

Buku ini bisa dijadikan salah satu referensi bila memang ingin menulis tentang sejarah Tegal. Salah satunya adalah cerita tentang daerah Tirus yang terkenal karena sate kambingnya, ternyata memiliki cerita sendiri.
Tirus berasal dari nama Van Tirus seorang belanda yang sangat mencintai Indonesia dan masyarakatnya. Meskipun berasal dari Belanda tapi tuan Van Tirus sangat senang dan pandai bergaul dengan masyarakat sekitar.
Sampai akhirnya istri dari tuan Van Tirus meninggal sehingga membuatnya menjadi linglung dan kesepian. Karena tidak kuat dengan kenangan sang istri, akhirnya beliau kembali ke Belanda.
Sekarang daerah Tirus terkenal dengan berbagai macam warung sate Kambing.
Itu tadi salah satu cerita dari sekian banyak asal usul nama kawasan yang ada di Tegal.

Tim Folklor mengatakan saat launching buku ini di Perpustakaan Daerah bahwa hal yang paling sulit dalam mencari sejarah kota Tegal dan asal usul nama daerahnya adalah mulai berkurangnya para tetua yang biasanya tahu sejarah daerah tersebut. Meskipun bukan saksi sejarah, tapi biasanya cerita sebuah kawasan akan menjadi cerita yang di tuturkan kepada anak - anak. Sayangnya sekarang mulai berkurang orang tua yang bercerita tentang sejarah daerah.

Bagi saya adanya buku Tegal Bercerita memberikan informasi baru tentang sejarah kota Tegal. Itulah kenapa di setiap kawasan memiliki kearifan lokal yang berbeda - beda karena berkaitan dengan sejarahnya.

Jadi buat kalian anak - anak muda khususnya masyarakat Tegal perlu banget buat baca buku ini untuk menambah pengetahuan tentang Tegal. Untuk pemkot Tegal sendiri mungkin perlu mengadakan lomba bercerita tentang Tegal sebagai penyemangat generasi muda untuk mencari tahu sejarah kotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar