Kamis, 13 Agustus 2015

Diari Parenting : Hal-Hal Penting Tentang Balita Yang Perlu Diketahui Bunda




Judul Buku       : Diari Parenting
Penulis             : Fita Chakra
Penerbit          : Bhuana Ilmu Populer
Terbit              : 2013
Tebal               : 216 Halaman
ISBN                 : 978-602-249-126-2
Genre              : Psikologi/keluarga & Pengasuhan anak
            Pembahasan dunia balita tentu tidak akan pernah ada habisnya. Ada banyak hal yang perlu dipelajari untuk memahami balita. Apalagi bila kita adalah orang tua yang baru saja memiliki anak. Tentu saja masih bingung dengan pengalaman baru sebagai orang tua. Apalagi tidak ada sekolah khusus untu menjadi orang tua yang baik.
            Buku Diari Parenting ini mungkin bisa menjadi panduan bagi calon orang tua ataupun yang telah memiliki balita. Buku Diari Parenting ini berisi tentang hal-hal penting yang harus diketahui orang tua tentang Balita. Bagi saya sebagai calon ibu, buku ini menjadi salah satu yang harus dimiliki agar bisa lebih paham tentang balita. Sesuai dengan judulnya setiap bab di bagi menjadi dua bagian yaitu diari umum yang berisi tentang teori atau tips sesuai dengan bab. Sedangkan diariku berisi pengalaman penulis mengahadapi balita yang sesuai dengan bab tersebut. jadi pembaca tidak hanya di sajikan dengan teori tapi juga pengalaman penulis sebagai seorang ibu.
            Diawali dengan pembahasan bab yang cukup controversial yaitu Full mother atau ibu berkarier. Biasanya para ibu akan sedikit panas membaca isu yang satu ini. Namun penulis cukup bijak dengan tidak memihak mana pun. Tapi justru memberikan pilihan dan solusi kepada para ibu. Bab selanjutnya disesuaikan dengan pertumbuhan Balita seperti Baby Blues, berlatih melepas anak, me time, hari-hari si ayah sampai dengan mempersiapkan adik bagi sang kakak.
            Saya sendiri merasa banyak sekali ilmu yang saya dapatkan di buku ini. Saya jadi merasa ikut ada dalam pertumbuhan balita. Karena semuanya di jelaskan secara runut dan mendetail sehingga pembaca mudah untuk memahami. Hal ini tentu membantu sekali bagi para orang tua muda yang sedang berusaha merawat balitanya dengan baik.
            Pada bagian penutup, saya suka dengan kalimat “menjadi ibu adalah karier yang tanpa henti”. Karena peran seorang ibu tidak akan pernah habis, walau pun si anak beranjak dewasa. Yuk, kita sama-sama belajar untuk memahami lebih jauh tentang balita kita. Buku ini memang wajib di baca buat calon orang tua ataupun yang sudah menjadi orang tua.

4 komentar:

  1. Iya, buku mba Fita ini lengkap banget. Ditambah pengalamannya pula selama jadi ibu muda. Jadi pembaca dapat banyak ilmu ya, mba.

    BalasHapus
  2. iya mba lengkap bangetttt...jadi pengin beli sendiri hehehe

    BalasHapus
  3. wah penting banget neh punya buku ini mak kayaknya makasih referensi nya ;)

    BalasHapus
  4. Nice info, ilmu parenting emang penting banget supaya kita ga salah dalam menangani anak. Tidak hanya menjaga psikis nya tapi juga jasmaninya saat-saat keadaan darurat menghampiri. Contohnya pertolongan pertama orang tenggelam

    BalasHapus