Minggu, 07 Agustus 2016

100 Hewan Top Pilihanku




Judul Buku                   :100 Hewan Top Pilihanku
Pengalih Bahasa         : Safran Yusri
Penerbit                      : Bhuana Ilmu Populer
ISBN                             :978-602-249-044-9

Tahukah Kamu?
·         Seekor Jerapah dapat mengayunkan lehernya seperti palu godam untuk menghantam saingannya.
·         Seekor kura-kura raksasa Galapagos mampu bertahan hidup selama setahun tanpa makanan.
·         Kulit Buaya mengandung tulang di dalamnya.
Masukilah dunia hewan yang luar biasa dan temukan fakta-fakta menarik tentang makhluk-makhluk kesukaanmu!
Kartu Binatang membantumu membandingkan berbagai jenis hewan berdasarkan kemampuan khusus mereka.
Tempatkan stiker pada halaman buku untuk menilai hewan kesukaanmu.
Hewan mana yang akhirnya menjadi juara?
Kamulah yang menentukan!!!!
***

            Pernah kah kita menghitung berapa hewan yang kita ketahui?dua puluh, tiga puluh atau empat puluh? Saya sendiri pernah mencoba menghitung dan rasanya mentok di sekitar tiga puluhan mungkin. Buku ini akan membawa kita untuk mengenal hewan yang mungkin kita tidak pernah temukan di Indonesia dan mungkin baru kita ketahui. Buku 100 Hewan Top Pilihanku sangat cocok untuk balita yang berusia sekitar tiga tahun ke atas. Karena anak sudah mulai dikenalkan dengan hewan dan mulai untuk tidak menyobek buku.
            Saat membaca ini buku ini saya merasa diajak berpetulang keliling dunia. Dari gurun sahara Afrika sampai dalamnya samudra yang tidak pernah saya bayangkan. Pun hewan – hewan yang saya baca banyak yang baru saya ketahui. Tentu akan sangat baik untuk membacakan buku ini kepada anak kita agar pengetahuan tentang hewan dapat bertambah.
            Buku ini dibagi menjadi lima bagian yaitu Predator, Hewan Ekstrim, Hewan Aneh, Hewan Raksasa, dan Hiu. Saya sendiri sempat takjub karena ternyata hiu itu ada banyak jenisnya. Sehingga dibuat bab khusus agar kita dapat mengetahui lebih jelas tentang hiu. Setiap penjelasan hewan akan disertai dengan fakta hewan tersebut, ciri khas dan juga data hewan. Hal ini agar kita dapat mengetahui lebih jauh tentang hewan tersebut. Salah hewan yang membuat saya merinding adalah tikus tanah hidung bintang. Entah kenapa saya merasa bentuknya seperti monster. Bayangkan lah seekor tikus tapi mulutnya memburai seperti binatang Yaks! Atau tentang Gorila yang merupakan primata paling besar dan menyeramkan tapi kenyataannya salah satu hewan yang cinta damai. Sayangnya hewan ini  termasuk dalam status genting.
Tikus Tanah Hidung Bintang
            Selain untuk menambah pengetahuan, buku ini juga bisa jadi ajang bermain mengasyikan orang tua dan anak lho. Jadi di halaman ke 8 di sebutkan tentang cara membaca buu ini dan juga cara bermainnya. Setelah membaca seluruh isi buku ini sang anak bisa menempelkan stiker nilai pada hewan tersebut. nilainya tentu saja sesuai dengan keinginan anak dari angka 1-20. Sang anak bisa memilih hewan mana yang menurutnya terbaik. Juga informasi tentang cara membaca data hewan tersebut. sehingga kita bisa mengetahui apakah hewan tersebut Kekhawatiran minimal, terancam punah, genting, rentan, bahkan kritis

            Ada juga kartu binatang yang berjumlah seratus sesuai dengan jumlah hewan buku ini, kartu binatang ini akan membantu sang anak untuk membandingkan hewan satu dengan hewan yang lain sesuai dan memilih hewan mana yang menurutnya terbaik.

            Mungkin salah satu kelemahan buku ini karena tidak untuk anak dibawah tiga tahun. Karena bukan bookboard jadi pastilah ada kekhawatiran halaman disobek. Padahal gambar-gambar hewan yang diambil sangat bagus dan pasti menarik perhatian sang anak.
            Jadi bagi orang tua yang sedang mencari buku yang bergizi sekaligus dapat dijadikan permainan, rasanya buku ini pas untuk dijadikan pilihan. Toh, saya yakin buku ini juga akan menambah pengetahuan sang orang tua juga. So, Happy Reading!
NB: Terima kasih Novika udah pinjemin bukunya J
Tulisan ini diikutsertaakan Project Battle challenge #31HariBerbagiBacaan

2 komentar:

  1. Beh, bagus nih. Ponakanku heboh pengen punya buku

    BalasHapus
  2. Anak ku seneng banget sama ensikloped hewan hewan, kalo nonton tv juga tontonannya Nat Geo Wild he he

    persib bandung sindonews | internet tak perlu sattelite

    BalasHapus