Senin, 17 Agustus 2015

ASI atau SUFOR?




Judul Buku                   : ASI atau SUFOR?
Penulis                         : Heather Welford
Pengalih Bahasa           :Faizatin Nadia
Penerbit                       :Bhuana Ilmu Populer
ISBN                           : 978-602-249-489-8
Genre                          :Psikologi/Keluarga & Pengasuhan Anak

            Buku yang satu ini kalau hanya dilihat dari judulnya pasti akan ada Mom War. Padahal buku ini bersifat netral dan tidak menghakimi ibu yang memberikan ASI atau Susu Formula. Buku ini memberikan pemahaman tentang kenyamanan ibu dalam menyusui. Entah dengan ASI atau bahkan menggunakan Susu Formula.
            Pada Bab pertama di jelaskan tentang kebutuhan nutrisi bayi yaitu ASI. Dijelaskan tentang kandungan yang ada dalam ASI. Tidak lupa juga informasi tentang perkembangan otak bayi dan petumbuhan bayi pada tahun pertama. Dijelaskan sedikit tentang baby blues yang biasanya melanda ibu yang baru saja melahirkan. Saya pribadi serasa mendapatkan informasi baru yang sangat bermanfaat sebagai persiapan melahirkan nanti.
            Buku ini pun dibahas tentang sejarah menyusui dan perkembangan dalam dunia modern. Saya baru sadar kalau ternyata di luar sana begitu banyak organisasi yang peduli dengan ibu yang ingin menyusui anaknya. Pun di buku ini di jelaskan tentang mitos menyusui yang beredar dikalangan para ibu. Juga dibahas tentang berbagai posisi yang bisa dicoba saat menyusui bayi. Bahkan saya baru tahu kalau ada bayi yang mungkin kesulitan menyusu karena lidah yang bermasalah. Sehingga pemberian ASI tidak maksimal. Satu hal yang juga penting adalah tentang ASI perasan.
            Lalu bagaimana dengan SUFOR (susu formula)? Buku ini juga membahas tentang asal muasal adanya susu formula. Tidak ada penghakiman kepada ibu yang memberikan susu formula. Pada bab ini menerangkan tentang kalaupun harus memberikan susu formula maka seorang ibu harus tahu bagaimana cara membuat susu formula dengan benar dan membersihkan botol susu. Tentu saja ada beberapa informasi yang harus diketahui oleh sang ibu.
            Banyak hal yang dijelaskan dalam buku ASI atau Sufor ini dengan bahasa yang mudah di pahami. Bagi saya seorang calon ibu, buku ASI atau SUFOR menjadi panduan tentang bagaimana menyusui. Disini juga dijelaskan hal-hal penting tentang menyusui, bounding dengan ibu, menyapih bahkan tentang memberikan makanan pendamping ASI.
            Buku ASI atau SUFOR menurut saya mendorong para ibu untuk merasa nyaman dengan pilihannya memberikan ASI atau SUFOR. Tidak perlu  merasa tertekan atas pendapat orang lain yang terkadang menghakimi ibu yang memberikan SUFOR. Ada kalimat dari buku ini yang sangat menarik
            Perlu diingat bahwa sebagian besar ibu melakukan yang terbaik untuk bayi mereka. Keputusan yang mereka buat dilakukan berdasarkan akal sehat dan seharusnya tidak dihakimi karena pilihan mereka. sebagian besar orang tahu bahwa hidup ini tidak semudah memilih ASI atau Susu Formula”
            Pada Bab terakhir, pembaca akan di suguhi berbagai pertanyaan mengenai menyusui dan juga jawaban dari ahlinya. Hal ini tentu saja akan sangat membantu sekali tentang pengetahuan menyusui.
            Jadi kita memang wajib untuk mencari tahu tentang nutrisi bayi yaitu ASI. Tapi bila memang kondisi tidak memungkinkan dan mengharuskan menggunakan susu formula, ibu harus nyaman dan pilihannya. Berilah yang terbaik bagi bayi anda.
           

15 komentar:

  1. Asi atau sufor memang selalu bisa bikin momwar ya, mba. Aku juga belajar banyak dari buku ini untuk nggak menghakimi setiap pilihan yang dirasa sulit bagi ibu. Yang penting ibunya heppi, jadi menyusuinya lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum mba berasa dapat ilmu baru tentang menyusui..
      iya ibu happy anak juga happy..yang penting terus edukasi tentang ASI..kalau memang kondisi tidak memungkinkan dan akhirnya pake susu formula ya jangan di judge sedemikian rupa..

      Hapus
  2. iya apa pun pilihannya, pasti setiap ibu ingin yang terbaik buat anak-anaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba..terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus
    2. setuju.. semua ibu itu pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak2nya...

      Hapus
  3. bisa buat nambah ilmu nih nanti kalo sudah punya anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah mampir..maaf baru bisa balas komentar

      Hapus
  4. bahan mom war yang tiada akhir, hihihi. Yang penting anak sehat ibu senang aja deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba..capek sendiri kalau ngikutin mom war..hihi

      Hapus
  5. Hmmm sepertinya bisa jadi pembelajaran nih buat calon ibu.

    BalasHapus
  6. Informasi yang sangat bermanfaat sekali nih mbak buat semua ibu-ibu ...

    BalasHapus
  7. buku yang bisa memberikan masukan buat calon orang tua dan orang tua nih. mari di baca

    BalasHapus
  8. Saya nyimak ya mbak buat pengetahuan :)

    BalasHapus
  9. Duh sebel deh sama momwar-momwar ngga jelas. Padahal aku yakin setiap ibu pasti mau yang terbaik untuk anaknya ya, entah itu dengan pemberian ASI maupun Sufor..

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus